Menu

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 17 Agustus 2010

TIPS MEMBUAT READ MORE PADA BLOG

Selamat pagi  teman-teman, Selamat menjalani Ibadah Puasa Ramadhan bagi yang menjalankan dan special kepada Bangsaku Indonesia " DIRGAHAYU KE-65" Semoga cita-cita bangsa ini terus menerus diemban  para pemuda dan seluruh element bangsa.
Sebuah cerita menarik untuk teman-teman, saat saya membuat artikel yang berjudul "Kemerdekaan Hakiki" secara tidak sengaja keklik logo insert jump break


yang terjadi berikutnya adalah halaman postingan saya terpotong jadi dua seperti pada gambar diatas, awalnya dicuekin, saya teruskan mengetik artikel, maklum gaptek, tetapi setelah postingan selesai dan diterbitkan saya kaget kok ada tulisan " baca selengkapnya" pada artikel saya. Akhirnya setelah mencari penyebabnya saya temukan jawabannya.
Untuk menampilkan artikel lebih dari satu pada blog, kita mesti menggunakan "read more" atau "baca selengkapnya" agar penampilan artikel tidak monoton dan teman-teman  pengunjung akan semakin tertarik untuk membaca lebih jauh. Sejauh pengetahuan saya tentang dunia blog untuk memasang read more atau baca selengkapnya kita harus menggunakan kode script atau html agak ribet memang, namun teman-teman diuntungkan pada setiap postingan yang teman-teman lakukan akan selalu muncul  read more atau baca selengkapnya pada saat postingan atau artikel diterbitkan. Namun untuk pemula sepertinya akan sulit bila harus copy paste kode script  atau html salah-salah bukannya hasil yang diinginkan tapi sebaliknya. But aniway busway ternyata blogger cukup memahami akan hal itu hingga kita tinggal menggunakannya.
Harus diingat oleh teman-teman bila telah membuat read more atau baca selengkapnya secara otomatis maka teman-teman tidak perlu lagi melakukan klik "Insert Jump Break".

Berikut adalah cara-caranya :
1. Masuk ke  http://draff.blogger.com/  login ke blog teman-teman.
2. Ketik terlebih dahulu paling sedikit satu paragraf postingan,  bila dianggap cukup klik logo insert jump break seperti pada gambar diatas yang bertanda lingkaran, maka akan muncul garis putus-putus, lanjutkan pengetikan artikel teman-teman hingga usai lalu terbitkan, mudah bukan ? namun harus diingat bahwa bila menggunakan insert jump break maka read more atau baca selengkapnya hanya akan muncul pada potingan itu saja, postingan lain tidak bila teman-teman tidak melakukan hal yang sama. Hal ini akan menguntungkan bila postingan teman-teman tidaklah panjang. 

Namun bila teman-teman kurang puas akan hasilnya berikut adalah cara kedua yang saya adopsi dari teman master  www.tutorialblogging.co.cc
1. Sama seperti cara pertama diatas.
2. Pilih menu "Tata Letak" ( Layout ) kemudian edit HTML
3. Beri tanda centang pada tulisan "Expand Widget Templates".
4. Cari kode seperti dibawah ini.

    <div class='post-body entry-content'>
    <data:post.body/>
    <div style='clear: both;'/> <!-- clear for photos floats -->
    </div>


5. Setelah itu Copy Paste kode berikut tepat dibawah kode diatas.


    <b:if cond='data:post.hasJumpLink'>
    <div class='jump-link'>
    <a expr:href='data:post.url + "#more"' expr:title='data:post.title'><data:post.jumpText/></a>
    </div>
    </b:if>


6. Simpan Template.
    Demikian, Mudah-mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila penyampaian ini masih kurang lengkap, mohon tambahkan, bila sudah, tinggalkan komentar, karena sayapun akan demikian.