Menu

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 14 Juli 2010

PERANCANG TEMPLATE BARU PADA BLOG

Teman-teman blogger yang membanggakan, kali ini saya teruskan tutorial blog khusus buat para pemula, beberapa hari yang lalu saya intents pada Online Business di blog saya, lumayan siihhh telah mendapatkan beberapa rupiah dan beberapa dollars walaupun belum ada yang saya uangkan, tetapi tidak sedikit dari teman-teman netter yang telah berhasil.
Kembali lagi ke topik utama tentang tutorial blog, bila pada tutorial saya di beberapa minggu yang lalu tentang " tips mempercantik blog " di paragraf awal saya janjikan untuk membahas tentang template baru  otomatis yang dipersembahkan oleh blogger.com untuk kita semua khusus para blogger maka saya tunaikan janji tersebut.
Sebenarnya peluncurannya  sejak bulan Mei yang lalu, kalau  tidak salah sihhh, dan untuk ukuran postingan yang membahas tentang topik ini tentu postingan saya telah jauh tertinggal, gak apa-apa yang penting tulus. bener gak teman-teman?  
Tambahan informasi,  bila teman-teman memutuskan untuk menggunakan perancang template baru pada blogger  maka teman-teman tidak memerlukan rancangan template pihak ketiga atau orang lain, simplekan tetapi jika memang dirasa  kurang pas yaaaaahhh itu lebih baik apa lagi kalau bisa buat template sendiri muantap banget.......
Baiklah saya coba menjelaskan satu persatu, namun mohon diingat saya bukanlah master, bila ada yang kurang pas dipersilahkan dengan senang hati untuk menambah atau mengurangi, seperti comment yang disampaikan salah satu teman saya pada postingan yang telah lalu.

PERTAMA  :

Loggin terlebih dahulu ke blog teman-teman, tetapi untuk mempermudah kerja saya biasanya menggunakan draft.blogger.com untuk mengantisipasi bila terjadi kesalahan sehingga blog kita tidak terpengaruh secara keseluruhan. Setelah itu klik " rancangan " dan kemudian klik " perancang template baru " seperti pada gambar yang dilingkari tinta warna merah dibawah.


Setalah perancang template baru di klik maka teman-teman masuk ke jendela baru yaitu pada halaman Blogger Template Designer, nahhhh teman-teman disinilah kita akan mengawali praktek kita untuk mempercantik blog sesuai dengan yang kita harapkan.

Templates :

 

Pada bagian ini teman-teman diajak untuk memilih template yang kita sukai,  selaraskan dengan topik blog teman-teman bila memang memungkinkan maka akan lebih baik.

Background  :


Tentukan warna background yang teman-teman inginkan, jangan ragu-ragu untuk mencoba dan mencoba karena tidak mempengaruhi blog teman-teman alias aman, namun selalu inget tulisan saya diatas.

Layout :


Bila telah yakin bahwa background tersebut adalah yang akan teman-teman gunakan maka selanjutnya ubahlah layout seperti diatas, gambar yang lebih luas dan terdapat ornamen putih garis-garis menunjukkan tempat bakal postingan dan yang kecil digunakan sebagai tempat widget, kilk pilihan teman-teman.

Advanced  :


Berikutnya teman-teman tinggal melengkapinya.  Advanced berfungsi mengubah  warna latar belakang utama, mohon inggat latar belakang yang dimaksud bukanlah background seperti yang saya katakan diatas namun,warna latar belakang postingan atau sidebar, berikutnya ubahlah warna teks jika memang harus ada yang diubah jika memang tidak, abaikan saja warna teks, dilanjutkan ke warna-warna yang lain seperti : Warna Judul Blog, Warna Deskripsi Blog, Warna Link, serta yang lainnya.

KEDUA  :

Bila teman-teman merasa semua perubahan yang dilakukan pada blog telah selesai maka yang perlu diingat adalah jangan langsung klik " Apply to Blog" , klik " View Blog " terlebih dahulu untuk melihat hasil keseluruhan atas  kinerja teman-teman.


Dan bila telah yakin perubahan yang teman-teman lakukan sangat sesuai dengan keinginan, maka barulah kemudian klik " Apply to Blog ". 
Akhirnya teman-teman memiliki blog yang sesuai dengan topik atau tema paling tidak sesuai dengan yang diinginkan. Baiklah selamat mencoba dan berexplorasi agar mendapat hasil yang maksimal.



2 komentar:

  1. Iya, sekarang blogger makin maju. Udah banyak tambahan fitur-fitur baru seperti perancang dan statistik. Blogger masih bakal terus berkembang nih. Nggak nyesel pilih blogspot jadi tempat ngeblog.

    BalasHapus
  2. iya, blogger makin keren ,hehe
    tau cara bikin tab menu seperti punya mas nggak? yang ada home, online bussiness dst.?? jika berkenan mohon dijawab di blog saya. . termiakasih :)

    BalasHapus

Bila penyampaian ini masih kurang lengkap, mohon tambahkan, bila sudah, tinggalkan komentar, karena sayapun akan demikian.