Menu

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 16 Juni 2010

Membuat Blog Sederhana

Pada awalnya saya orang yang sama sekali gak ngerti apa itu blog, posting, dasbor, html, script. Tetapi setelah ada keinginan yang luar biasa kini sedikit telah saya ketahui, walaupun masih seujung kuku, oleh sebab itu saya akan bagikan pengalaman ini kepada teman-teman pemula yang punya keinginan sama seperti saya. Sejauh yang saya ketahui, saat ini ada dua blog yang populer yaitu " Blogspot " dan " Wordpress " tetapi saya menyarankan teman-teman buat blog di blogspot saja, karena hanya itu yang saya ketahui. ( anehkan ) Syarat mutlaknya teman-teman harus memiliki alamat email ( sebaiknya gmail.com ) yang belom, segera buat, gak susah hanya butuh waktu lima menit.



LANGKAH PERTAMA :
Registrasi terlebih dahulu ke www.google.com untuk mendapatkan alamat email seperti saran saya diatas, setalah itu masuk ke www.blogger.com temen-teman akan melihat gambar seperti yang samping, kemudian klik tanda panah besar yang bertuliskan " CIPTAKAN BLOG ANDA "




LANGKAH KEDUA :
Melengkapi Pendaftaran,
Setelah teman-teman klik " CIPTAKAN BLOG ANDA " Maka akan tampil gambar seperti yang di samping, isi alamat email yang telah teman-teman buat diatas, password sesuaikan dengan password teman-teman saat membuat alamat email, nama tampilan adalah nama blog teman-teman yang nantinya akan jadi judul blog, verifikasi kata masukkan sesuai kata sandi yang ada, dan jangan lupa untuk klik kotak kecil disebelah kata " saya menerima persyaratan dan layanan. Setelah itu klik " LANJUTKAN "



LANGKAH KETIGA :
Memilih nama Blok dan URL,
Setelah langkah kedua selesai maka teman-teman akan masuk kelangkah berikutnya, namun jika gagal, jangan putus asa, ulang lagi proses diatas mungkin ada yang terlewatkan ( jangan putus asa ).Judul yang dimaksudkan adalah judul blog teman-teman, usahakan sama dengan nama tampilan di isian langkah kedua, kemudian alamat, yang dimaksudkan adalah alamat URL teman-teman pada blog nantinya, pilih alamat yang sesuai dan menarik atau unik menurut teman-teman, kemudian klik cek ketersediaan untuk membuat menampilkan bahwa alamat yang teman-teman gunakan belum digunakan oleh orang lain. Setelah yakin selesai, lanjutkan dengan klik tanda panah yang bertuliskan " LANJUTKAN ".



LANGKAH KEEMPAT :
Memilih Template atau Desain yang sesuai dengan keinginan Teman-teman,
Setelah langkah ketiga selesai, makan teman-teman akan diarahkan ke langkah berikutnya seperti pada gambar di samping, pilihlah template yang teman-teman sukai, namun bila tidak suka satupun jangan kwatir, teman-teman akan mendapatkannya kemudian, karena blogger telah menyediakan banyak pilihan template. Untuk awal pilihlah terlebih dahulu agar blog teman-teman selesai di registrasi awal, klik tanda bulatan seperti pada gambar setelah teman-teman menentukan pilihan, klik gambar pilihan teman-teman untuk melihat hasil blog yang telah teman-teman buat, atau klik tanda anak panah yang bertuliskan " LANJUTKAN ".

LANGKAH TERAKHIR :
Lakukan posting, tata letak dan pengaturan,
sekarang teman-teman telah memiliki blog, lakukan posting yang sesuai dengan pemikiran teman-teman dan bagikan kepada saudara-saudara kita di Indonesia atau bahkan Dunia. Selamat Mencoba, Semoga bermanfaat, Terimakasih....

Sarannya sangat saya harapkan.........

1 komentar:

  1. oke untuk banner telah dipasang di blogroll. trims buat kunjungannya. btw postingan diatas adalah cara2 tutorial yang baik :)

    BalasHapus

Bila penyampaian ini masih kurang lengkap, mohon tambahkan, bila sudah, tinggalkan komentar, karena sayapun akan demikian.